UPDATE: Seluruh Asn Di Arahkan Berbelanja Di Pasar Pagi Lingkar Prabumulih



Seluruh Asn Di Arahkan Berbelanja Di Pasar Pagi Lingkar Prabumulih - Banyaknya permintaan pedagang agar lokasi terminal Jalan Lingkar Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan Sumsel dijadikan tempat permanen berjualan pedagang pagi, terus didukung Pemerintah kota Prabumulih.

Pemerintah kota Prabumulih yang awalnya melakukan pemindahan pedagang dengan alasan mensukseskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi kian fokus menghidupkan lokasi tersebut sebagai pasar pagi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tidak hanya menyiapkan dua bus untuk mengangkut penjual dan pembeli, pemerintah kota Prabumulih bahkan mengerahkan aparatur sipil negara (ASN) agar berbelanja di pasar tersebut.

Asisten I bidang pemerintahan Setda Kota Prabumulih, Drs Aris Priadi MM ketika dikonfirmasi mengakui pihaknya sengaja mengadakan kegiatan belanja bersama yang diikuti ASN Pemkot Prabumulih dengan tujuan untuk mensupport pedagang yang pindah ke kawasan itu.

Selain itu untuk membangkitkan gairah ekonomi pasar yang lesu selama masa pandemi corona terjadi.

"Tujuan kita tidak lain agar ekonomi masyarakat berjalan baik dan pasar menjadi bergairah berjualan," ungkap Aris.

Aris mengatakan, pihaknya juga melakukan pengaturan jadwal belanja bagi pembeli sehingga tidak terjadi penumpukan pembeli yang membuat protokol kesehatan justru terabaikan.

"Kita atur agar physical distancing tetap berjalan, dengan kata lain ekonomi masyarakat terjaga dan PSBB juga terlaksana dengan baik," jelasnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Dewan itu menjelaskan pihaknya juga meminta seluruh ASN yang berbelanja juga turut mensosialisasikan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan Covid 19 khususnya dalam menjaga jarak dan pemakaian masker serta mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

"Jadi para pegawai itu sambil berbelanja turut mensosialisasikan protokol kesehatan cara berbelanja agar tidak tertular Covid 19," bebernya.

Aris menjelaskan, untuk memudahkan pedagang maupun pembeli yang hendak menjalankan aktivitas jual beli di pasar pagi terminal pihaknya menyediakan 2 unit bus yang selalu standby.

"Masyarakat atau pedagang yang hendak berbelanja ke pasar pagi terminal Lingkar maka bisa menaiki bus yang kita siapkan," jelasnya.

Jika mobil yang disiapkan tersebut dinilai kurang maka pemerintah akan menyediakan mobil tambahan guna memudahkan pedagang dan pembeli berbelanja.

"Kita akan terus mengupayakan agar semua berjalan lancar sesuai dengan perintah walikota Prabumulih, baik menyiapkan bus maupun lainnya," bebernya.


(Sumber:Tribun.Palembang)